Advertisements
Connect with us

Vonvon Indonesia

Sejarah Internet di Dunia dan Indonesia

Sejarah

Sejarah Internet di Dunia dan Indonesia

Sejarah Internet – Internet sudah sangat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Kini hampir segala aktivitas dapat dilakukan dengan akses dari internet. Kemudahan akses internet inilah yang menyebabkan jumlah pengguna internet sangatlah banyak dari seluruh belahan dunia manapun. Keberadaan internet ini juga mempunyai pengaruh besar dalam ilmu pengetahuan.

Hanya dengan berbekal mesin pencari seperti Google atau Yahoo, semua orang di seluruh dunia dapat mempunyai akses internet dengan mudah. Tujuannya adalah dapat digunakan untuk mencari segala  informasi apapun yang mereka inginkan. Selain itu fungsi internet pun dapat digunakan sebagai komunikasi dengan siapapun dari belahan dunia manapun. Berikut dibahas lebih lanjut tentang sejarah internet dari internet di dunia hingga internet di Indonesia.

Sejarah Internet di Dunia dan Indonesia
Loading...
Sejarah Internet di Dunia dan Indonesia

Sejarah Internet

Sejarah internet dimulai pada bulan Agustus 1962 saat J.C.R Licklider dari MIT Massachusetts Institute of technologu mengemukakan gagasan pencipataan internet. Konsep ini dinamakan “Galactic Network”. Ia mengemukakan bagaimana jaringan global yang memungkinkan orang dapat mengakses data dan program dari mana saja.  Berkat gagasannya ini, J.C.R Licklider ditunjuk sebagai kepala untuk proyek penelitian di ARPA.

Pada awalnya internet adalah jaringan komputer yang dibangun oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Departement of Defense) untuk keperluan militer. Pembangunan internet pada tahun 1969 ini dibawah proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Proyek dari ARPANET ini dirancang dalam sebuah bentuk jaringan, kehandalan dan seberapa besar informasi dapat dipindahkan. Standar yang mereka tentukan inilah yang merupakan cikal bakal pembangunan protokol yang sekarang dikenal dengan istilah TCP (Transmissions Control Protocol) atau IP (Internet Protocol).

Sejarah Internet di Dunia dan Indonesia
Sejarah Internet di Dunia dan Indonesia

Dalam proyek ini mereka membuat sistem jaringan komputer yang menghubungkan komputer daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah jika terjadi serangan nuklir. Barulah pada Oktober 1972 ARPANET dikenalkan secara umum. Tak lama setelah itu, proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah dan semua universitas ingin bergabung. Hal ini membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya sehingga dipecah menjadi dua, MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET untuk keperluan non-militer. Gabungan antara MILNET dan ARPANET ini dikenal dengan nama DARPA Internet yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Sejarah Internet di Dunia

Tahun 1969 adalah tahun di mana sejarah internet dunia dimulai. Saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat melakukan riset tentang bagaimana menghubungkan beberapa komputer untuk membentuk suatu jaringan organik. Program riset yang dikenal dengan ARPANET ini berhasil menghubungkan 10 komputer lebih untuk saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Pada tahun 1972 Roy Tomlinson berhasil meluncurkan program email untuk ARPANET. Tahun 1972 juga diperkenalkan ikon @ juga sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Pada 1973 Komputer University College di London menjadi komputer pertama yang ada di luar Amerika sekaligus menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun yang sama, Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan cikal bakal pemikiran internet di Universitas Sussex.

Sejarah Internet di Dunia dan Indonesia
Sejarah Internet di Dunia dan Indonesia

Peristiwa penting lainnya terjadi pada 26 Maret 1976. Pada tanggal tersebut Ratu Inggris berhasil mengirimkan email dari Royak Signals and Radar Establishment di Malvern.  Setahun kemudan ada lebih dar 100 komputer yang bergabung dalam ARPANET untuk membentuk jaringan.

Pada 1979 diciptakan newsgroup pertama yang diberi nama USENET oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin. Tom Truscott pun ikut mengambil bagian dalam meluncurkan telepon televisi pertama yang memungkinkan menelepon sambil berhubungan dengan video link. Protokol pun mulai dibangun karena komputer yang memmbentuk jaringan semakian hari semakin banyak.

Pada 1984 diperkenalkan sistem nama domain atau DNS untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada. Hal ini membuat komputer yang tersambung dengan jaringan yang sudah ada lebih dari 1000 komputer.  Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan menjadi 10.000 lebih.

Tahun 1998 diperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat oleh Jarko Oikarinen dari Finland. Peluncuran IRC ini menyebabkan jumlah komputer yang berhubungan bertambah menjadi 10 kali lipat dalam setahun. Sehingga tak kurang dari 100.000 komputer membentuk suatu jaringan. Tahun 1990 Tim Berners Lee menemukan www atau World Wide Web untuk menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya.

Sejarah Internet dan Perkembangannya di Indonesia

Sejarah Internet di Indonesia dimulai pada tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet Indonesia dikenal sebagai Paguyuban Network dimana semangat gotong royong dan kekeluargaan sangat kental terasa. Beberapa tokoh penting di awal pembangunan internet di Indonesia adalah M. Samik Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan dan lain sebagainya. Mereka memanfaatkan internet dalam berkomunikasi dan aktivitas perdagangan dengan sifatnya yang masih sangat terbatas.

Kala itu tidak semua orang dapat mengakses internet secara bebas di Indonesia. Hanya orang-orang yang sudah masuk paguyuban saja yang bisa mengakses internet, itupun dengan fasilitas minim dan sangat sederhana.

Sejarah Internet di Dunia dan Indonesia
Sejarah Internet di Dunia dan Indonesia

Pada 1986-1987 muncul jaringan paket radio dengan memanfaatlan internet yang diprakarsai oleh Robby Soebikato. Komunikasi lewat pengembangan tersebut cepat berkembang hingga keluar negeri.

Pada 1996 di Indonesia muncul jurnalisme online dan Koran online. Akibatnya pada tahun 2000 blog dan berita online mulai banyak bermunculan. Pada tahun ini pula perusahaan media saling bersaing untuk mengeluarkan produk berita online. Media yang difokuskan  tidak hanya koran, tetapi portal online yang berguna membantu masyarakat dalam mengakses berita dengan mudah dan cepat. Lambat laun dengan infrastruktur yang semakin berkembang serta dukungan pemerintah, akhirnya internet di Indonesia  bisa seperti sekarang.

Sejarah Internet di Dunia dan Indonesia
Sejarah Internet di Dunia dan Indonesia

Kecepatan internet di Indonesia dapat dikatakan masih lambat dibandingankan negara-negara lain. Namun keberadaannya telah banyak membantu kita melihat dunia luar tanpa batas. Tentunya banyak sekali ilmu yang kita dapat dari dunia. Tidak hanya itu saja, bisnis internet juga dapat menjadi lading subur untuk mendaur pundi-pundi uang.

Kemudahan dalam berkomunikasi menggunakan internet ini mempunyai nilai positif dan negatif. Contoh positifnya adalah masyarakat dapat dengan mudah menjalin komunikaisi dengan siapapun tanpa memikirkan jarak. Sedangkan sisi negatifnya adalah masyarakat menjadi kecanduan dengan internet terlebih lagi dengan hadirnya Wi-Fi.

Dengan mengetahui sejarah internet, tentunya dapat menambah wawasan baru.  Keunggulan internet daripada media komunikasi lain adalah jangkauan yang tak terbatas. Oleh karena itu sebaiknya gunakan internet secara bijak dan seperlunya saja.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Sejarah

Popular Post

Terbaru

To Top