Advertisements
Connect with us

Vonvon Indonesia

Syarat Mendapatkan Beasiswa LPDP, Bidik Misi, S2

Beasiswa

Syarat Mendapatkan Beasiswa LPDP, Bidik Misi, S2

Pendidikan merupakan satu kebutuhan primer untuk setiap makhluk hidup. Dengan pendidikan, manusia akan hidup lebih baik. Sederhanaya, tanpa pendidikan dari orang tua, kita tidaka akan mengenal arti mama atau cara memanggilnya seperti. Pendidikan memang bisa berasal dari manapun. Tetapi, untuk pendidikan formal tentu kita dapatkan dari sekolah. Bagi anda yang ingin bersekolah tanpa harus mengeluarkan biaya, ketahui syarat mendapatkan beasiswa.

Syarat Mendapatkan Beasiswa LPDP, Bidik Misi, S2
Loading...
Syarat Mendapatkan Beasiswa LPDP, Bidik Misi, S2

Beasiswa merupakan kesempatan emas bagi siapapun yang ingin mendapatkan pendidikan sampai jenjang perguruan tinggi. Meskipun beasiswa ini memang digolong-golongkan. Ada beasiswa yang diperuntukkan bagi mereka yang tidak mampu. Ada juga beasiswa untuk murid yang berprestasi. Karena peruntukannya yang berbeda, maka syarat beasiswa yang ditetapkan juga berbeda.

Syarat Mendapatkan Beasiswa LPDP

Yang perlu anda ketahui adalah beasiswa LPDP merupakan beasiswa unggulan dari pemerintah Indonesia.Ini memungkinkan ribuan mahasiswa Indonesia dapat mengambil pendidikan tinggi di luar negeri secara gratis/ tanpa biaya. Berlaku untuk jenjang S2. Beberapa syarat yang harus anda penuhi adalah seperti :

Anda berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Telah selesai melaksanakan studi program sarjana atau program magister dari perguruan tinggi di dalam negeri yang terakreditasi oleh BAN-PT atau perguruan tinggi kedinasan dalam negeri. Kemudian juga dari perguruan tinggi di luar negeri yang telah terdaftar di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Beasiswa LPDP
Beasiswa LPDP

Anda memiliki karakter kepemimpinan, profesionalisme, nasionalisme, patriotisme, integritas, memiliki kepercayaan diri, kegigihan, kemandirian, kematangan dalam mengelola emosi, dan kemampuan beradaptasi.

Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan/keilmuan/inovasi/kreasi/budaya. Bersedia menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa pelamar kembali ke Indonesia setelah selesai studi. Tidak sedang menerima/ akan menerima beasiswa dari pihak lain. Tidak terlibat dalam aktivitas atau tindaka melanggar kode etik.

Mengabdi untuk kepentingan bangsa, setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Anda sanggup memenuhi ketentuan beasiswa yang ditetapkan LPDP. Menyampaikan data dan dokumen yang benar sesuai dengan dokumen asli. Akan ada sanksi hukum yang berlaku jika dokumen tidak sah.

Telah mendapatkan izin dari atasan bagi yang sedang bekerja. Surat kesehatan yang menyatakan bebas dari narkoba, bebas TBC dan diperiksa oleh dokter dari Rumah Sakit Pemerintah. Anda telah mendapatkan rekomendasi dari tokoh masyarakat.

Anda memiliki dan memilih bidang keilmuan yang sesuai dengan sasaran LPDP. Kemudian juga memilih program studi dan Perguruan Tinggi yang sesuai dengan ketentuan LPDP. Satu lagi persyaratan yang tidak kalah penting adalah anda menulis essay (500 sampai 700 kata) dengan tema: “Kontribusiku Bagi Indonesia: kontribusi yang telah, sedang, dan akan saya lakukan untuk masyarakat / lembaga / instansi / profesi komunitas saya” dan “Sukses Terbesar dalam Hidupku”.

Syarat Mendapatkan Beasiswa Bidik Misi

Bidikmisi mulai dikenal maysarakt luas utamanya di dunia pendidikan. Bidikmisi merupakan bagian dari program pemerintah dalam membantu para siswa yang kurang mampu secara ekonomi. Namun memiliki potensi dan prestasi unggul, agar bisa melanjutkan pendidikan di tingkat kuliah. Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa tersebut adalah:

Anda berstatus siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang lulus di tahun yang sama saat anda mendaftar bidikmisi. Tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi. Seperti usia paling tinggi saat mendaftar adalah 21 tahun. Tidak mampu secara ekonomi seperti misalnya anda penerima BSM, pemegang KIP atau sejenisnya. Orang tua memiliki pendapatan kotor gabungan orang tua/ wali maksimal sebesar 3 juta/ bulan.

Beasiswa Bidik Misi
Beasiswa Bidik Misi

Pendidikan dari orang tua setinggi – tingginya S1 atau D4. Anda memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi objektif serta akurat dari kepala sekolah anda. Pendaftar akan difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN, PTS dengan beberapa ketentuan.

Ketentuannya, PTN dengan pilihan SNMPTN, SBMPTN, Seleksi mandiri PTN, Politeknik, UT, dan isntitut Seni dan Budaya. Kemudian juga PTS yang sesuai dengan pilihan seleksi masuk.

Syarat Mendapatkan Beasiswa S2 Dalam Negeri

Seperti yang anda ketahui bahwa beasiswa bisa datang dari mana saja. Seperti misalnya DIKTI (Dalam Negeri & Luar Negeri dan Talent Scouting). Kemudian ada BU (Beasiswa Unggulan). Ada juga yang cukup populer adalah beasiswa Djarum yang juga membuka jalur Beasiswa S2 Dalam Negeri. Jika andatelah memilih jaluar beassiwa mana yang akan anda coba, ada beberapa persyaratan umum seperti :

Anda melampirkan scan/ file surat penerimaan perguruan tinggi. Hal ini untuk menunjukkan keseriusan anda dalam melanjutkan pendidikan ke tingkat kuliah. Siapkan pula scan Kartu Keluarga, CV dan scan Ijazah S1.

Beasiswa S2
Beasiswa S2

Menyertakan scan toefl yang masih berlaku. Perhatikan jika anda sudah pernah mengikuti toefl, bukan serta merta dapat digunakan. Sebab, sertifikat tersebut memiliki tenggat waktu berlaku. Jika telah berakhir, anda bisa mengikuti tes toefl guna mendapatkan sertifikat baru.

Sertakan file proposal rencana study, alasan study, rencana tugas akhir dan rincian perkiraan biaya anda. Scan juga surat permohonan beasiswa kepada pihak yang terkait. Sementara untuk anda yang mengambil jalur BU atau Beasiswa Unggulan, syaratnya sedikit berbeda.

Anda/ pendaftar berusia tidak lebih dari 35 tahun. Memiliki IPK minimal 3.00 dari skala 0 – 4.00. Atau bisa juga anda memiliki sertifikat penghargaan/ kejuaraan di tingkat perguruan tinggi minimal dalam 5 tahun terakhir. Perlu juga anda menyertakan scan/ copy buku rekening tabungan perbankan nasional. Namun ini bisa anda lengkapi jika telah dinyatakan diterima.

Syarat Mendapatkan Beasiswa UGM

UGM merupakan kampus impian siapa saja. Sebab, kampus ini memang terkenal dengan alumninya yang cerdas. Tidak hnaya itu, para pemangku pendidikan disini pun terbukti memiliki kulatias yang baik. Jika anda ingin melanjutkan pendidikan S2 ke UGM, simak beberapa persyaratannya seperti:

Beasiswa UGM
Beasiswa UGM

Anda merupakan lulusan di dua tahun sebelumnya hingga sekarang dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang terakreditasi dengan nilai A. Misalnya anda akan mendaftar beassiswa di tahun 2016/ 2017 maka anda harus S1 tahun 2014-2016. Memiliki IPK S1 minimal 3,25.

Anda melampirkan sertifikat Toefl ITP/AcEPT UGM dengan skor minimal 500 dan sertifikat TPA Bappenas/PAPS UGM dengan skor minimal 550. Berusia maksimal 25 tahun. Lampirkan surat keterangan sehat dari dokter. Melampirkan bukti pendaftaran bahwa anda terdaftar di salah satu program studi S2 UGM. Anda bersedia menerima beban tugas akademik dari UGM selama menerima beasiswa.

Pendidikan memang bukan sesuatu yang mahal jika kita mau berusaha. Artinya, telah banyak tersedia beasiswa yang membantu dalam mendapatkan pendidikan setinggi mungkin. Tidak mustahil jika anda bisa menikmati itu semua tanpa ada biaya asalkan ada prestasi dan keinginan yang kuat untuk sukses.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Beasiswa

Popular Post

Terbaru

To Top